OKU TIMUR NEWS ONLINE - MEMUAT BERITA TERBARU SEPUTAR POLITIK, EKONOMI, BISNIS, SOSIAL, HUKUM, PENDIDIKAN, OLAHRAGA, SENI, UNIK DAN BUDAYA YANG BEREDAR DI KAWASAN KAB. OKU TIMUR DAN SEKITARNYA

Selasa, 19 Februari 2013

Pertahankan Rumah Panggung


MARTAPURA - Sejak dibangun Bendung Irigasi Perjaya Upper Komering Martapura OKUT pada 1992 lalu, terjadi perubahan lintasan air diwilayah hilir antara Martapura hingga Cempaka. Sebelumnya, debit air yang mengarah ke hilir cenderung tinggi sehingga masyarakat menggunakan konsep water harmony (bersahabat dengan air) atau akrab dikenal dengan rumah panggung.


Daerah yang sebelumnya menjadi resapan air kini cenderung dangkal. Inilah yang mengubah paradigma masyarakat saat ini yang menganggap kondisi alam di wilaya hilir akan selamanya seperti itu. Padahal, konsep pembangunan kedepan tetap mempertahankan wilayah hilir sebagai lintasan air. "Air sekarang ini sebenarnya kembali ke asal setelah dibangunnya Regulator Randu. Sebab wilayah hilir memang diformat sebagai daerah dataran rendah. Untuk itu, warga di hilir harus mempertahankan warisan nenek moyang dengan membuat rumah panggung atau rumah rakit, ujar kepala bagian pelaksana irigasi rawa 1, Ir Adi Rusman MT.

Dikatakannya, pembangunan jalan di jalur komering cenderung lebih tinggi dari posisi sungai. "jika rumah dibangun lebih rendah dari jalan, secara otomatis akan tergenang air. pastinya, air jangan dilawan, justru pertahankan konsep water harmony. Jika membuat rumah tembok, akan rawan banjir. jelasnya.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH SURYO, NOMOR YANG AKI BERIKAN/2D(98) 3D(398) 4D(6398). &SGP/HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_SURYO DI NOMOR _0.8.2_3.4.2_9.9.7_8.8.8_.ATAU KUNJUNGI WAPSITE ASLI (klik) DI http://togelghoib88.blogspot.com terimakasih الاللهصلىاللهعليهوسلموعليكوتهلهصلىالل

    BalasHapus